banner 728x90

Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Kulit

banner 728x90

Kanker kulit adalah pertumbuhan abnormal sel-sel di kulit. Kanker kulit umumnya paling sering timbul di wajah, terutama pada orang-orang yang banyak terpapar cahaya matahari (sinar ultra violet) secara langsung. Kanker kulit biasanya tumbuh di lapisan paling luar kulit (epidermis), sehingga noda /benjolan bisa terlihat dari luar. Jadi, gejala kanker kulit pada tahap awal cukup mudah ditemukan. Jangan anggap sepele noda yang menempel pada kulit anda. Sebab, ada kemungkinan noda tersebut bukan noda biasa. Untuk dapat mengenalinya, apakah noda tersebut berbahaya atau biasa saja, perlu dicermati dan dikenali lebih dahulu empat tanda atau gejala kanker kulit.
Kebiasaan mengabaikan noda pada kulit sering berakibat pada keterlambatan penanganan kanker kulit. Karena, sebelumnya memang seperti noda biasa, meskipun sebenarnya gejala kanker kulit bisa dilihat sendiri. Terutama jika kemunculan noda tertentu terjadi baru-baru saja atau sebelumnya dipastikan tidak ada noda tersebut dibagian kulit itu. Noda baru yang muncul pada kulit bisa dikatakan sebagai pertanda atau gejala timbulnya kemungkinan kanker kulit.
Karenanya, jika tidak segera diatasi bisa menjadi parah. Berikut tanda atau gejala terkait dengan kemungkinan tumbuhnya kanker kulit.
• Bentuk
Bentuk noda kanker kulit biasanya asimetris atau tidak beraturan. Hal ini sangat berbeda dengan tahi lalat atau noda biasa yang bentuknya bulat dan teratur. Noda yang merupakan pertanda sel kanker juga bentuknya tidak datar.

• Batas
Anda harus jeli melihat batas pada noda. Jika terlihat jelas batas noda, itu merupakan noda biasa atau tahi lalat. Tetapi jika batas noda terlihat samar, maka harus dicurigai. Bisa jadi noda tersebut merupakan kanker.

• Warna
Warna melanoma (kanker kulit) bukan hitam atau cokelat saja tetapi cenderung campuran beberapa warna seperti merah, hitam, cokelat. Jika ada noda yang terlihat campuran beberapa warna segera periksakan diri ke dokter.

• Melebar
Hati-hati jika tahi lalat atau noda pada kulit melebar atau tumbuh. Apalagi disertai dengan perubahan warna dan rasa gatal. Hal itu bisa menjadi pertanda kanker kulit. Jangan disepelekan dan harus segera berkonsultasi ke dokter.

Kanker kulit merupakan sepuluh besar jenis kanker ganas yang ada di Indonesia. Secara pastinya, penyebab kanker kulit masih tidak diketahui. Namun ada beberapa faktor risiko yang bisa menjadi pemicu munculnya kanker kulit. Artinya apabila pernah atau sering terpapar/berinteraksi dengan faktor risiko tersebut, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan kanker.

Faktor risiko tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1. Sinar Ultraviolet B yang sebagian besar dipancarkan oleh sinar matahari. Perlu diantisipasi terjadinya penyinaran secara langsung dari sinar matahari, terutama mulai dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore.
2. Zat kimia, seperti arsenik, radium, tar, nikotin, arsen, hidrokarbon aromatik, dll
3. Radiasi Ionisasi (sinar radioaktif), termasuk sinar rontgen
4. Beberapa jenis virus

banner 728x90

Tags: apakah kanker kulit bisa disembuhkan gejala kanker kulit kanker kulit mengobati kanker kulit menyembuhkan kanker kulit obat kanker kulit penanganan terhadap kanker kulit penyakit kulit penyebab kanker kulit tumor pada kulit

author
Author: 

Related Post "Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Kulit"

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat
Jerawat merupakan penyakit yang paling banyak dialami
Tips Ampuh Biar Tetap Awet Muda
Memiliki kulit yang kencang, lembab dan kenyal
Tips Jitu Mengembalikan Kulit Putih
Iklim Tropis seperti di Indonesia ini memiliki
Ciri-ciri Perbedaan Cindella Asli dan Palsu
Cindella whitening merupakan produk yang sangat diminati
banner 728x90

Leave a reply "Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Kulit"